Rabu, 24 Agustus 2011

MIMPI YUSUF

”Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya” (Kejadian 37:5)

        Hanya gara-gara menceritakan mimpi, Yusuf dibenci oleh saudara-saudaranya. Kelihatannya sangat lucu, wong hanya mimpi saja kok dibenci. Tentunya ada sesuatu yang lain dengan mimpi Yusuf.
        Pertama, mimpi Yusuf punya kekuatan untuk mengubah Yusuf dari anak manja menjadi seorang pemberani yang tidak takut menghadapi segala situasi dan keadaan buruk.
        Kedua, mimpi Yusuf punya kekuatan untuk mengubah sekitarnya. Semula orang-orang sekitar Yusuf tenang-tenang saja, tetapi sejak Yusuf menceritakan mimpinya itu mereka berubah menjadi memusuhinya.
        Ini membuktikan mimpi yang diterimanya bukan berasal darinya sendirinya tetapi dari Tuhan. Mimpi itu berasal dari Allah sendiri. Allah telah memasukki dunia mimpinya Yusuf. Sebab Allah punya rencana besar bagi Yusuf.
        Mimpi itu bukan hasil rekayasa Yusuf. Bila mimpi itu hasil dari rekayasa Yusuf apakah mungkin mimpi itu menjadi kenyataan bila melihat keadaan Yusuf pada waktu itu? Mimpi itu juga bukan keinginan Yusuf. Bila mimpi itu berasal dari keinginan atau ambisi Yusuf  pribadi, saya yakin Yusuf tidak akan tahan menghadapi tantangan. Dan bila mimpinya adalah hasil rekayasa Yusuf sendiri maka dia tidak akan mengalami kesulitan untuk mewujudkannya karena dia punya sarana-sarana untuk mewujudkan mimpinya.
        Pertanyaannya di mana letak kekuatan mimpinya itu? Letak kekuatan mimpi Yusuf ada pada maknanya. Apa maknanya? Yusuf menjadi raja. ”Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: ”Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?” Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu”  (ayat 8).
        Demikian juga bila Anda mendapatkan mimpi atau visi dari Tuhan, maka bersiaplah Anda untuk menjadi seorang yang pemberani. Mimpi Anda akan memotivasi Anda untuk bergerak maju sekalipun orang lain takut untuk melakukannya. Tetapi tidak bagi Anda yang punya mimpi besar dari Allah sendiri.

Tidak ada komentar: